PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI PT. MITRA KRIDA PERKASA BATAM

Penulis

  • Heriyanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo
  • Indra Firdiyansyah

DOI:

https://doi.org/10.59968/mangalo.v1i1.11

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Kepuasan Konsumen

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada pembelian sepeda motor honda di PT. Mitra Krida Perkasa Batam. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 responden konsumen PT. Mitra Krida Perakasa. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dimana peneliti secara langsung melukan observasi dan penyebaran kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi uji t. Dari hasil uji t diketahui bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung sebesar 7.416 dan angka probabilitas signifikan 0,000. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung sebesar 3.492 dan angka probabilitas signifikan 0,001. Promosi juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung sebesar 3.258 dan angka probabilitas signifikan 0,000. Secara simultan variabel independen (Kualita Pelayanan, Harga dan Promosi) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Kepuasan Konsumen) dengan nilai F hitung sebesar 120.981 dan Sig. 0,000. Hasil pengujian koefisien determinasi R2 menerangkan dengan nilai sebesar 0,777 artinya menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan promosi dapat menjelaskan variabel kepuasan konsumen sebesar 77,7%, sedangkan 22,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-28

Terbitan

Bagian

Articles