ANALISIS KREDIT BERMASALAH, PENGHAPUSAN KREDIT BERMASALAH, DAN NET PROFIT MARGIN (STUDI KASUS PADA PT BANK MUAMALAT INDONESIA TBK TAHUN 2017-2019)

Penulis

  • Ety Yuliana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo
  • Putu Rani Susanthi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo

DOI:

https://doi.org/10.59968/aksigalo.v1i2.3

Kata Kunci:

Penghapusan kredit bermasalah, Net Profit Margin, Kredit bermasalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kredit bermasalah, penghapusan kredit bermasalah dan net profit margin PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dari tahun 2017 sampai 2019. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian deskriptif dan kualitatif dengan menggunakan data sekunder. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis kredit bermasalah , penghapusan kedit bermasalah , net profit margin. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan , bahwa kredit bermasalah pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk tahun 2017 – 2019 mengalami fluktuasi dan kredit bermasalah rata – rata selama 3 tahun terakhir yaitu 2.89 % yang berarti masih dalam kategori sehat karena masih dibawah standar kesehatan kinerja bank yaitu 5%. Hasil analisis penghapusan kredit bermasalah pada tahun 2018 tergolong tinggi, penghapusan kredit yang dilakukan bank Muamalat sebagai upaya terakhir bank dalam menangani kredit macet, namun bank tetap memiliki hak untuk melakukan penagihan pelunasan pada debitur. Hasil analisis NPM tahun 2017 – 2019 mengalamai fluktuasi , NPM PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dikatakan tidak baik karena nilai NPM selama tahun 2017–2019 masih dibawah 5%. Dari hasil penelitian disarankan kepada pihak perusahaan agar lebih berhati – hati dalam pelaksanaan pemberian kredit dan pengelolaan perkreditannya serta meningkatkan pengawasan terhadap kredit bermasalah dari sejak permohonan kredit hingga selsesainya kredit. 

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Artikel